Cara Menghilangkan Pusing

Image result for pusing



Tips meredakan sakit kepala

Apakah anda pernah mengalami sakit kelapa? atau sedan mengalaminya saat ini? Sakit kepala atau pusing adalah sebuah gangguan sistem pada saraf otak yang mengalami penegangan. Timbulnya sakit kepala atau pusing disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari telat makan dan stres berat.

Sakit kepala atau pusing termasuk dalam gangguan kesehatan yg tidak serius, namun dapat menjadi lebih serius jika tidak diatasi dengan cepat. Untuk dapat menghilangkan sakit kepala atau pusing sebenarnya cukup mudah, namun masih banyak masyarakat yg lebih memilih menggunakan aspirin untuk menanganinya.

Perlu anda ketahui, mengkonsumsi aspirin dalam julmah besar akan sangan buruk bagi kesehatan tubuh, terutama organ ginjal. Kandungan zat kimia yg terkandung dalam aspirin tersebut mampu merusak sistem bagian nefron pada ginjal.

Macam-Macam Sakit Kepala

Sebelum mengatasi sakit kepala atau pusing, disarankan anda mengetahui berbagai macam atau jenis sakit kepala yang biasa terjadi pada masyarakat. Pada dasarnya, sakit kepala atau pusing dapat dibedakan menjadi beberapa macam, diantaranya sakit kepala migrain, sakit kepala berkepanjangan, sakit kepala bagian belakang, sakit kepala vertigo, dan akibat stres.

Mengenal jenis sakit kepala atau pusing sangat penting untuk kita sebelum mengatasi sakit kepala tersebut. Obat dapat diformulasikan secara tepat sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan. Namun, jika anda mengatasi masalah sakit kepala dengan metode alami, tidak perlu melakukan pengobatan seusai jenis sakit kepala tersebut, cukup ikuti metode alaminya saja.

Untuk anda yang saat ini sedang mengalami sakit kepala atau pusing akibat dari gangguan kesehatan, berikut saya berikan beberapa tips menghilangkan sakit kepala atau pusing dengan cepat dan mudah.

Cara Cepat Menghilangkan Sakit Kepala Tanpa Obat

1. Gunakan es batu

Es batu dapat menghilangkan rasa sakit kepala. Es batu memiliki sifat yang dingin, sifat tersebutlah yang mengatasi sakit kepala anda dengan cepat.

Untuk menghilangkan sakik kepala atau pusing dengan es batu sangat sederhana, cukup anda gosok-gosokan es batu tersebut secara perlahan pada bagian kening, bagian samping kepala, dan bila perlu bagian belakang kepala.

2. Konsumsi banyak air putih

Pada dasarnya, 70% tubuh manusia tersusun dari cairan. Mengkonsumsi cairan setiap harinya amatlah penting untuk kesehatan tubuh, salah satu dampak dari mengkonsumsi cairan adalah mampu mengoptimalkan sistem metabolisme tubuh.

Dalam sebuah penelitian di Universitas of Chicago Amerika Serikat, mengkonsumsi air putih minimal 8 sampai 10 gelas akan mencegah terjadinya dehidrasi, yang mana dehidrasi ini adalah salah satu pemicu  munculnya sakit kepala atau pusing.

3. Konsumsi kentang

Kentang adalah makanan yang mengandung kalium cukup tinggi. Banyak manfaat yang terkandung didalam kalium. Salah satu manfaatnya adalah dapat melancarkan sistem peredaran darah.

Jika peredaran darah dalam tubuh menjadi lancar, maka secara otomatis sakit kepalapun akan hilang dengan mudah. Karena itu, menghilangkan sakit kepala atau pusing dengan memakan kentang sangatlah baik.

Konsumsi kentang tanpa mengupas kulitnya, karena kandungan kalium terbanyak berada pada kulit tersebut. Jangan menggoreng kentang tersebut, cukup dibakar atau direbus.

4. Konsumsi buah pisang

Pisang mengandung zat senyawa potassium dan magnesium yang cukup tinggi. Zat senyawaw tersebut dipercaya oleh para ahli dapat menghilangkan sakit kepala migrain.

Jika anda mengalami sakit kepala sebelah, anda dapat mengatasinya dengan mengkonsumsi buah pisang secara rutin.

5. Konsumsi makanan yang mengandung mint

Sakit kepala dapat terjadi dikarenakan maag atau telat mengkonsumsi makanan. Untuk dapat mengatasi sakit kepala atau pusing akibat hal tersebut tergolong berbeda dari jenis sakit kepala lainnya. Jika mengonsumsi obat yang salah, maka maag anda akan semakin parah.

Anda dapat mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung senyawa mint. Makanan yang mengandung senyawa mint biasanya terasa semriwing dan segar.

6. Konsumsi kopi

Sebagian dari kalian mungkin akan merasa aneh bila harus menghilangkan sakit kepala atau pusing dengan mengkonsumsi kopi. Perlu anda ketahui, mengkonsumsi kopi secukupnya dapat meredakan sakit kepala dan cara ini cuku[ efektif.

Kopi mengandung senyawa kafein yang cukup tinggi. Kandungan kafein dengan dosis yang tida melebihi batas wajar dapat menenangkan sistem saraf yang menegang akibat dari sakit kepala tersebut.

Jangan mengkonsumsi kopi dalam jumlah berlebihan, karena dapat membuat anda kesulitan untuk tidur atau mengalami insomnia. Disarankan cukup mengkonsumsi kopi maksimal 2 gelas dalam satu hari.

7. Gunakan biji wijen

Biji wijen sangat terkenal akan vitamin E. Kandungan vitamin E tersebut dapat mengatasi sakit kepala migrain.

Tidak hanya sakit kepala migrain, kandungan magnesium di dalam biji wijen juga dapat menghilangkan sakit kepala bagian belakang.

Selain biji wijen, anda dapat mengkonsumsi bahan-bahan alami seperti kentang manis, minyak zaitun, gandum, untuk mendapatkan asupan magnesium.

8. Konsumsi lebih banyak ikan

Ikan menjadi salah satu sumber lemak omega 3 yang cukup tinggi, dan banyak manfaat dari kandungan lemak tersebut. Kandungan tersebut dapat meningkatkan kecerdasan otak, mencegah kanker otak, dan dapat menghilangkan sakit kepala akibat tegangnya saraf.

Hampir semua jenis ikan yang kita konsumsi itu baik, namun disarankan untuk mengkonsumsi ikan seperti salmon dan makarel saja. Sebab dari jenis ikan tersebut terdapat senyawa mineral alami omega 3 yang cukup banyak.

9. Atasi dengan semangka

Semangka adalah buah yang kaya akan air dan air tersebut mengandung senyawa kalium yang cukup tinggi. Kalium bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah, dan sangat efektif untuk mengobati sakit kepala.

Anda dapat mengkonsumsi semangka merah dan kuning, namun perlu diperhatikan bahwa lebih baik perbanyak konsumsi pada pangkal daging buah semangka tersebut. Karena pada bagian itu terdapat kalium yang cukup tinggi.

10. Lakukan peregangan (streching)

Melakukan peregangan sangat baik untuk menenangkan saraf. Perengangan ini dapat menghilangkan sakit kepala.

Banyak latihan peregangan yang dapat anda lakukan, namun disarankan untuk melakukan yoga saja. Yoga dapat melakukan pembakaran lemak tubuh dan dapat mengurasi sakit kepala yang anda alami.

11. Perbaiki waktu tidur Anda

Kurang tidur menjadi salah satu penyebab sakit kepala. Kurang tidur menyebabkan otot dan saraf menjadi tegang. Hindari tidak tidur sampai larut malam.

Penelitian di University of Chicago dari Amerika Serikat, seseorang yang tidak tidur sama sekali selama minimal 3 hari, mereka lebih beresiko terkena serangan berbagai penyakit.

Salah satunya penyakit yang berkaitan dengan peredaran darah, seperti penyakit jantung, stroke, hipertensi, dan masih banyak lagi.

Lebih baik anda perbaiki kualitas tidur sehari-hari. Pastikan anda tidak selama kurang lebih 8 jam dalam sehari. Apabila tidak memungkinkan, luangkan waktu anda setiap 5 jam untuk tidur selama 30 menit saja.

12. Berbaring dengan kaki diatas

Menghilangkan sakit kepala dapat dilakukan tanpa obat, yaitu berbaring dengan kaki di atat. Cukup dengan berbaring dengan kaki di atas selama 1 jam, sakit kepala anda akan hilang dengan sangat mudah.

Cara tersebut sangat efektif untuk mengatasi sakit kepala. Karena, meletakan kaki di atas kepala saat berbarin dapat melancarkan peredaran darah dari bawah menuju ke bagian otak.

Peredaran darah akan menjadi lebih lancar dan sakit kepala yang diderita akan hilang dengan sangat mudah.

13. Hidarilah stres dan depresi

Ketidaknyamanan seseorang disebabkan karena banyak tekanan masalah dalam hidup. Ini menjadi salah satu faktor sakit kepala atau pusing menyerang anda. Oleh sebab itu, disarankan untuk menghindari kondisi stres dan membuah pikiran jenuh atau negatif.

Namun jika sudah terserang sakit kepala, anda dapat menghilangkannya dengan cara berwisata, refreshing, curhat kepada teman, dan masih banyak lagi.

14. Jangan melihat cahaya terlalu terang

Cahaya terlalu terang sangat buruk bagi kesehatan mata. Hal ini dapat menimbulkan sakit kepala atau pusing yang disebabkan terangnya cahaya mengarah ke pandagan kita. Cahaya yang terlalu terang dapat menyebabkan saraf semakin menegang dan kaku, bahkan dapat mengakibatkan gangguan penglihatan.

Ketika mengalami sakit kepala akibat cahaya terlalu terang, seperti sinar matahari, cahaya lampu mobil, motor, senter, akan lebih baik bila anda berbaring atau berisitirahat di tempat yang gelap.

15. Tidak melakukan aktivitas fisik berlebihan

Aktivitas fisik memang cukup baik bagi kesehatan tubuh, namun apabila aktivitas fisik tersebut dilakukan secara berlebihan akan menjadi bumerang bagi tubuh kita.

Karena pada dasarnya tubuh membutuhkan istirahat sejenak dari aktivitas fisik tersebut, jadi jika dipaksa akan menyebabkan munculnya masalah, salah satunya adalah sakit kepala.

Maka dari itu, cara mengobati sakit kepala terakhir ini saya sarankan Anda membatasi aktivitas fisik berlebihan. terutama aktivitas yang memerlukan kinerja otot secara maksimal.

Itulah beberapa cara meghilangkan sakit kepala yang dapat saya sajikan pada kesempatan kali ini. Agar Anda mendapatkan hasil yang lebih maksimal, saya sarankan untuk melakukan serangkaian tips diatas secara rutin setiap harinya.

Selain melakukan tips-tips mengatasi sakit kepala diatas, saya juga menyarankan Anda selalu menjaga daya tahan tubuh dengan menerapkan pola hidup sehat. Sebab tanpa adanya dukungan pola hidup sehat, semua tips diatas tidak akan berdampak apapun pada diri Anda.

Demikian sajian informasi yang dapat saya sampaikan. Apabila ada yang kurang jelas silahkan ajukan pertanyaan melalui kolom komentar di bawah ya. Semoga dapat bermanfaat dan menjadi solusi bagi Anda, salam.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Cara Merawat Rambut Keriting Agar Tidak Mengembang

Cara Membersihkan Telinga Dengan Benar